cara mengumpulkan tugas di edmodo

Table of Contents

1. Apa itu Edmodo?

Edmodo adalah platform pembelajaran online yang digunakan oleh sekolah, guru, dan siswa untuk mengumpulkan, mengerjakan, dan memeriksa tugas.

2. Bagaimana cara membuat akun Edmodo?

Untuk membuat akun Edmodo, kunjungi situs web Edmodo dan klik tombol “Mendaftar sebagai Guru” atau “Mendaftar sebagai Siswa”. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diminta dan ikuti petunjuk selanjutnya.

3. Bagaimana cara membuat tugas di Edmodo?

Setelah login ke akun Edmodo Anda, klik pada ikon “+ Tambah” di sisi kiri layar dan pilih opsi “Tugas”. Kemudian, berikan judul tugas, tambahkan petunjuk atau deskripsi tugas, tentukan tanggal pengumpulan, dan lampirkan berkas atau sumber daya yang diperlukan. Terakhir, klik “Buat” untuk membuat tugas.

See also  uraikan objek dan cara pengenaan pajak yang kalian ketahui

4. Bagaimana siswa mengumpulkan tugas di Edmodo?

Untuk mengumpulkan tugas di Edmodo, siswa harus masuk ke akun mereka dan pergi ke kelas tempat tugas diberikan. Klik pada tugas yang ingin diumpulkan, ikuti petunjuk yang diberikan dalam deskripsi tugas, dan lampirkan jawaban atau berkas yang diminta. Terakhir, klik “Kumpulkan” untuk mengirim tugas.

5. Bagaimana guru memeriksa dan memberikan nilai pada tugas yang diumpulkan?

Guru dapat memeriksa dan memberikan nilai pada tugas yang diumpulkan di Edmodo dengan mengakses kelas dan tugas yang terkait. Klik pada tugas yang ingin diperiksa, periksa jawaban atau berkas yang diunggah oleh siswa, dan berikan penilaian atau komentar yang sesuai. Guru juga dapat memberikan nilai angka atau skala penilaian dalam bagian “Nilai” di halaman tugas.

6. Apa yang harus dilakukan jika tugas tidak bisa diunggah di Edmodo?

Jika siswa mengalami masalah saat mengunggah tugas di Edmodo, mereka sebaiknya mencoba beberapa langkah pemecahan masalah berikut ini:
– Memeriksa koneksi internet mereka.
– Memperbarui atau menggunakan browser web yang berbeda.
– Menggunakan perangkat yang berbeda, seperti komputer atau ponsel cerdas.
– Menghapus cache atau cookies pada browser mereka.
– Menghubungi guru atau administrator sekolah untuk mendapatkan bantuan.

7. Bisakah siswa melihat tugas yang sudah diunggah oleh teman sekelas mereka di Edmodo?

Ya, siswa dapat melihat tugas yang sudah diunggah oleh teman sekelas mereka di Edmodo dengan mengakses halaman tugas yang relevan. Mereka dapat melihat jawaban dan komentar yang diberikan oleh teman sekelas mereka.

8. Bagaimana cara mengatur tanggal pengumpulan tugas di Edmodo?

Untuk mengatur tanggal pengumpulan tugas di Edmodo, buat atau edit tugas yang ingin Anda berikan. Di dalam opsi pengaturan tugas, tentukan tanggal pengumpulan yang diinginkan dengan memilih tanggal pada kalender. Siswa tidak akan dapat mengumpulkan tugas setelah tanggal tersebut.

See also  cara memindahkan followers instagram ke akun lain

9. Dapatkah guru mengirim pengingat kepada siswa tentang tanggal pengumpulan tugas di Edmodo?

Ya, guru dapat mengirim pengingat kepada siswa tentang tanggal pengumpulan tugas di Edmodo. Caranya adalah dengan menambahkan pembaruan atau mengirim pesan ke seluruh kelas atau siswa tertentu untuk mengingatkan mereka tentang tanggal pengumpulan tugas.

10. Bagaimana cara menghapus tugas di Edmodo?

Untuk menghapus tugas di Edmodo, masuk ke kelas terkait dan pergi ke tugas yang ingin Anda hapus. Klik pada ikon “Opsi” dan pilih opsi “Hapus”. Konfirmasikan tindakan ini jika diminta. Tugas tersebut akan dihapus dan siswa tidak akan dapat melihat atau mengumpulkan tugas tersebut lagi.

11. Apa yang harus siswa lakukan ketika mereka mengalami kesulitan teknis di Edmodo?

Ketika siswa mengalami kesulitan teknis di Edmodo, mereka sebaiknya menghubungi guru atau administrator sekolah untuk mendapatkan bantuan. Guru atau administrator dapat memberikan petunjuk atau saran untuk memecahkan masalah teknis atau memberikan bantuan lebih lanjut.

12. Bagaimana cara mengatur ulang kata sandi di Edmodo?

Untuk mengatur ulang kata sandi di Edmodo, pergi ke halaman login Edmodo dan klik “Lupa kata sandi?”. Masukkan alamat email yang terkait dengan akun Edmodo Anda dan ikuti petunjuk yang dikirim ke email tersebut untuk mengatur ulang kata sandi Anda.

13. Apakah Edmodo memiliki fitur pemberitahuan melalui email?

Ya, Edmodo memiliki fitur pemberitahuan melalui email. Ketika Anda menerima pesan baru, tugas yang diunggah, atau pembaruan kelas, Edmodo akan mengirimkan pemberitahuan ke alamat email yang terkait dengan akun Anda (sesuai preferensi pemberitahuan yang Anda atur).

14. Bagaimana cara membuat kelompok kerja di Edmodo?

Untuk membuat kelompok kerja di Edmodo, masuk ke kelas yang ingin Anda buat kelompoknya. Klik “Tambahkan” di sisi kiri layar dan pilih opsi “Kelompok”. Berikan nama kelompok, atur anggota kelompok dengan menambahkan siswa yang relevan, dan klik “Buat”. Kelompok kerja telah berhasil dibuat.

See also  cara isi kuota andromax m3y

15. Bagaimana siswa dapat bergabung dengan kelompok kerja di Edmodo?

Siswa dapat bergabung dengan kelompok kerja di Edmodo dengan mengikuti instruksi dari guru. Guru dapat memberikan kode kelompok kerja yang perlu diinputkan oleh siswa saat mereka masuk ke akun Edmodo mereka. Setelah memasukkan kode tersebut, siswa akan bergabung dengan kelompok kerja yang ditentukan oleh guru.

16. Apakah Edmodo menyediakan fitur diskusi online?

Ya, Edmodo menyediakan fitur diskusi online. Siswa dan guru dapat berinteraksi dan berbagi pemikiran, pertanyaan, atau pembaruan melalui fitur diskusi di Edmodo. Ini memungkinkan kolaborasi dan komunikasi efektif antara semua anggota kelas.

17. Apa itu tugas kelompok di Edmodo?

Tugas kelompok di Edmodo adalah tugas yang diberikan oleh guru kepada kelompok siswa sebagai sebuah kesatuan. Tugas ini memungkinkan siswa untuk bekerja sama, berkolaborasi, dan berkontribusi pada proyek atau pekerjaan kelompok yang ditugaskan. Semua anggota kelompok akan melihat dan dapat mengumpulkan jawaban atau berkas untuk tugas kelompok tersebut.

18. Bagaimana cara mengatur pemberitahuan di Edmodo?

Untuk mengatur pemberitahuan di Edmodo, masuk ke akun Anda dan klik pada ikon pengaturan di sudut kanan atas layar. Pilih opsi “Pemberitahuan” atau “Notifikasi” dan sesuaikan preferensi Anda. Anda dapat memilih apa yang ingin Anda terima pemberitahuannya dan melalui email atau aplikasi seluler.

19. Dapatkah guru mengundurkan tugas di Edmodo?

Ya, guru dapat mengundurkan tugas di Edmodo. Untuk melakukannya, masuk ke kelas terkait dan pergi ke tugas yang ingin diundurkan. Klik pada ikon “Opsi” dan pilih opsi “Ubah Tugas”. Kemudian, tentukan tanggal pengumpulan baru yang diinginkan dan klik “Simpan”. Tugas tersebut akan diperbarui dengan tanggal pengumpulan yang baru.

20. Bagaimana cara mengirim pesan pribadi kepada siswa di Edmodo?

Untuk mengirim pesan pribadi kepada siswa di Edmodo, masuk ke kelas terkait dan pergi ke bagian “Siswa”. Cari nama siswa yang ingin Anda kirim pesan, klik pada nama tersebut, dan klik tombol “Pesan”. Ketik pesan Anda dan klik “Kirim”. Pesan akan dikirim sebagai pesan pribadi kepada siswa yang dituju.

21. Dapatkah siswa menghapus atau mengedit tugas yang sudah dikumpulkan di Edmodo?

Siswa tidak dapat menghapus atau mengedit tugas yang sudah mereka kumpulkan di Edmodo. Setelah mengumpulkan tugas, mereka hanya dapat melihat jawaban mereka sendiri dan melihat komentar atau penilaian dari guru.

22. Bagaimana guru dapat memberikan umpan balik individual kepada siswa di Edmodo?

Guru dapat memberikan umpan balik individual kepada siswa di Edmodo dengan mengakses tugas yang diumpulkan oleh siswa tersebut. Melalui tugas tersebut, guru dapat memberikan komentar dan saran langsung kepada siswa, serta memberikan penilaian atau nilai yang relevan.

23. Apakah tugas di Edmodo dapat dikumpulkan secara otomatis?

Tugas di Edmodo tidak dapat dikumpulkan secara otomatis. Siswa harus secara aktif mengunggah tugas mereka sendiri dan mengirimkannya melalui platform. Namun, guru dapat mengatur tanggal pengumpulan dan mengingatkan siswa untuk mengumpulkan tugas tepat waktu.

24. Apa yang harus dilakukan jika tugas tidak muncul di Edmodo?

Jika siswa tidak melihat tugas yang seharusnya muncul di Edmodo, mereka sebaiknya menghubungi guru mereka untuk klarifikasi. Guru kemungkinan perlu memeriksa pengaturan tugas, perbarui kelas, atau memberikan informasi tambahan tentang tugas yang relevan.

25. Apakah Edmodo memiliki fitur kolaborasi pada dokumen?

Ya, Edmodo memiliki fitur kolaborasi pada dokumen. Siswa dan guru dapat bekerja bersama dan mengedit dokumen secara bersamaan melalui Edmodo, memungkinkan kolaborasi tim dan pembagian ide yang mudah.

Leave a Comment