cara mencari jurnal di scopus

Table of Contents

1. Apa itu Scopus dan apa perannya dalam mencari jurnal?

Scopus adalah pangkalan data bibliografi yang menyediakan akses ke sumber informasi terkemuka di berbagai bidang. Perannya dalam mencari jurnal adalah sebagai alat untuk menemukan jurnal ilmiah yang relevan dengan topik yang sedang diteliti.

See also  cara mengatasi siswa yang tidak sopan

2. Bagaimana cara mengakses Scopus?

Anda dapat mengakses Scopus melalui langganan institusi akademik atau melalui akses individu dengan biaya langganan pribadi. Anda juga dapat menggunakan akses gratis di beberapa tempat umum seperti perpustakaan lokal.

3. Apa langkah pertama dalam mencari jurnal di Scopus?

Langkah pertama adalah masuk ke situs web Scopus dan mengakses fitur pencarian mereka.

4. Apa yang harus saya lakukan setelah masuk ke fitur pencarian Scopus?

Setelah masuk ke fitur pencarian Scopus, gunakan kata kunci yang relevan dengan topik penelitian Anda untuk mencari jurnal yang sesuai.

5. Bagaimana cara meningkatkan akurasi hasil pencarian di Scopus?

Anda dapat meningkatkan akurasi hasil pencarian di Scopus dengan menggunakan pengaturan lanjutan seperti menyaring tahun publikasi, membatasi pencarian hanya pada judul, abstrak, atau kata kunci tertentu, dan lainnya.

6. Apa yang dimaksud dengan filter ‘Open Access’ di Scopus?

Filter ‘Open Access’ di Scopus memungkinkan Anda mempersempit hasil pencarian hanya untuk jurnal-jurnal yang tersedia secara online dan secara gratis untuk diakses dan diunduh oleh siapa saja.

7. Apa yang dimaksud dengan indeksasi Scopus pada jurnal?

Indeksasi Scopus pada jurnal berarti jurnal tersebut telah diidentifikasi dan disurvei oleh Scopus untuk memastikan kualitas dan relevansinya dalam bidang yang relevan.

8. Bagaimana cara melihat faktor dampak jurnal di Scopus?

Anda dapat melihat faktor dampak jurnal di Scopus dengan mencari jurnal tertentu dan melihat metrik kinerja jurnal yang termasuk faktor dampak dalam informasi jurnal yang terkait.

9. Bagaimana cara mencari jurnal yang ditulis oleh penulis tertentu di Scopus?

Anda dapat mencari jurnal yang ditulis oleh penulis tertentu di Scopus dengan menggunakan fitur pencarian lanjutan dan memasukkan nama penulis dalam filter ‘penulis’ atau ‘penulis utama’.

See also  cara memakai salep pi kang shuang untuk jerawat

10. Bagaimana cara memperoleh akses penuh ke artikel jurnal di Scopus?

Anda dapat memperoleh akses penuh ke artikel jurnal di Scopus dengan menggunakan langganan institusi, langganan pribadi, atau melalui akses gratis jika artikel tersebut tersedia secara terbuka untuk umum.

11. Bagaimana cara menemukan jurnal terbaru di Scopus?

Anda dapat menemukan jurnal terbaru di Scopus dengan menggunakan fitur pengurutan hasil pencarian berdasarkan tanggal publikasi. Dengan demikian, jurnal terbaru akan ditampilkan di bagian atas hasil pencarian.

12. Apakah Scopus hanya mencakup jurnal dalam bahasa Inggris?

Tidak, Scopus mencakup jurnal dalam berbagai bahasa. Namun, mayoritas jurnal yang terdaftar di Scopus adalah dalam bahasa Inggris.

13. Bagaimana cara menemukan jurnal yang paling banyak dikutip di Scopus?

Anda dapat menemukan jurnal yang paling banyak dikutip di Scopus dengan menggunakan fitur pengurutan hasil pencarian berdasarkan jumlah kutipan. Dengan demikian, jurnal yang paling banyak dikutip akan ditampilkan di bagian atas hasil pencarian.

14. Apa keuntungan menggunakan fitur ‘Tautan Terkait’ di Scopus?

Fitur ‘Tautan Terkait’ di Scopus memberikan Anda akses cepat ke artikel lain yang terkait dengan jurnal yang sedang Anda lihat, sehingga Anda dapat mengeksplorasi lebih lanjut topik yang sama atau terkait.

15. Bagaimana cara menemukan jurnal dalam bidang tertentu di Scopus?

Anda dapat menemukan jurnal dalam bidang tertentu di Scopus dengan menggunakan kata kunci yang spesifik terkait dengan bidang tersebut dalam fitur pencarian mereka.

16. Apa yang dimaksud dengan ‘Prevailing Trends’ di Scopus?

‘Prevailing Trends’ di Scopus adalah fitur yang memberikan informasi tentang tren penelitian terbaru dalam bidang yang sedang diteliti, berdasarkan analisis data yang ada dalam pangkalan datanya.

See also  cara video call whatsapp sambil buka aplikasi lain xiaomi

17. Apakah Scopus memungkinkan pengguna mendownload artikel penuh?

Tergantung pada hak akses yang dimiliki oleh pengguna, Scopus memungkinkan pengguna untuk mendownload artikel penuh yang tersedia untuk diunduh secara gratis atau melalui langganan mereka.

18. Bagaimana cara melacak kutipan artikel tertentu di Scopus?

Anda dapat melacak kutipan artikel tertentu di Scopus dengan menggunakan fitur “Cari Kutipan” dan memasukkan detail artikel yang ingin Anda lacak.

19. Apakah Scopus menyediakan abstrak untuk setiap artikel jurnal?

Ya, Scopus menyediakan abstrak ringkas untuk setiap artikel jurnal yang terdaftar dalam pangkalan data mereka.

20. Bagaimana cara menemukan jurnal yang diterbitkan oleh lembaga atau universitas tertentu di Scopus?

Anda dapat menemukan jurnal yang diterbitkan oleh lembaga atau universitas tertentu di Scopus dengan menggunakan fitur pencarian lanjutan dan memasukkan detail lembaga atau universitas dalam filter ‘Afliasi’.

21. Bagaimana cara melihat statistik kutipan suatu jurnal di Scopus?

Anda dapat melihat statistik kutipan suatu jurnal di Scopus dengan mencari jurnal tersebut dan melihat informasi rinci jurnal yang mencakup jumlah total kutipan yang diterima oleh artikel di jurnal tersebut.

22. Apa yang dimaksud dengan ‘Scopus Author Identifier’?

‘Scopus Author Identifier’ adalah identifikasi unik yang diberikan kepada setiap penulis yang terdaftar dalam Scopus. Ini membantu dalam membedakan penulis dengan nama yang serupa dan memetakan karya penulis dengan akun individu mereka.

23. Bagaimana cara menemukan jurnal terkemuka di bidang tertentu di Scopus?

Anda dapat menemukan jurnal terkemuka di bidang tertentu di Scopus dengan mencari jurnal yang memiliki faktor dampak tinggi dan jumlah kutipan yang signifikan dari jurnal-jurnal lain dalam bidang tersebut.

24. Apakah Scopus menyediakan informasi tentang editorial board suatu jurnal?

Ya, Scopus menyediakan informasi tentang editorial board suatu jurnal dengan mencantumkan nama-nama editor dan afiliasi mereka dalam informasi jurnal yang terkait.

25. Bagaimana cara melihat pembaruan dan edisi terakhir suatu jurnal di Scopus?

Anda dapat melihat pembaruan dan edisi terakhir suatu jurnal di Scopus dengan mencari jurnal tersebut dan melihat informasi rinci yang mencakup tanggal terbitan terbaru dan rilis terakhir jurnal tersebut.

Leave a Comment