Cara aktivasi windows server 2012 r2 ?

Cara Aktivasi Windows Server 2012 R2

Cara Reset Trial Windows Server 2012 R2 - Tutorial - PT. Premium Fast Network

Pendahuluan

Windows Server 2012 R2 adalah sistem operasi server yang populer yang digunakan oleh banyak organisasi untuk mengelola jaringan dan aplikasi mereka. Salah satu langkah penting setelah menginstal Windows Server 2012 R2 adalah mengaktivasi lisensi untuk memastikan keabsahan dan fungsionalitas penuh sistem operasi tersebut.

Aktivasi Windows Server 2012 R2 dilakukan menggunakan Key Management Service (KMS), yang merupakan layanan yang disediakan oleh Microsoft untuk mengelola lisensi perangkat lunak dalam volume. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah cara aktivasi Windows Server 2012 R2 menggunakan KMS.

Cara aktivasi windows server 2012 r2 ?

Langkah-langkah Aktivasi Windows Server 2012 R2 dengan KMS

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktivasi Windows Server 2012 R2 menggunakan KMS:

Langkah 1: Pastikan KMS Host Tersedia

Sebelum dapat mengaktivasi Windows Server 2012 R2 dengan KMS, Anda perlu memastikan bahwa KMS host tersedia di jaringan lokal Anda. KMS host adalah server yang menjalankan layanan KMS dan bertanggung jawab untuk mengelola aktivasi lisensi. Jika Anda belum memiliki KMS host, Anda perlu mengatur satu. Anda dapat melihat panduan dari Microsoft tentang cara membuat KMS host untuk mempelajari lebih lanjut.

See also  Cara afdruk screen ?

Langkah 2: Periksa Jenis Lisensi

Pastikan Anda memiliki jenis lisensi yang sesuai untuk mengaktivasi Windows Server 2012 R2 menggunakan KMS. KMS hanya dapat mengaktivasi volume licensing editions dari Windows Server 2012 R2. Jika Anda memiliki lisensi perorangan atau versi ritel Windows Server, Anda perlu menggunakan metode aktivasi lain seperti Multiple Activation Key (MAK) atau membeli lisensi ritel.

Langkah 3: Periksa Key Aktivasi KMS (KMS Client Key)

Setiap versi dan edisi Windows Server 2012 R2 memiliki Key Aktivasi KMS (KMS Client Key) yang spesifik. Key ini digunakan untuk mengaktivasi Windows Server 2012 R2 dengan KMS host. Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki Key Aktivasi KMS yang sesuai dengan versi dan edisi Windows Server 2012 R2 yang Anda gunakan.

Langkah 4: Buka Command Prompt Administrator

Untuk mengaktivasi Windows Server 2012 R2 menggunakan KMS, Anda perlu membuka Command Prompt dengan hak administrator. Caranya adalah dengan mengklik kanan pada tombol “Start” di desktop, lalu pilih “Command Prompt (Admin)” dari menu yang muncul.

Langkah 5: Masukkan Key Aktivasi KMS

Di Command Prompt Administrator, ketikkan perintah berikut dan tekan Enter untuk memasukkan Key Aktivasi KMS:

bash
slmgr /ipk <key aktivasi>

Gantilah <key aktivasi> dengan Key Aktivasi KMS yang sesuai untuk versi dan edisi Windows Server 2012 R2 yang Anda gunakan. Misalnya, jika Anda menggunakan Windows Server 2012 R2 Datacenter edition, perintahnya akan menjadi seperti ini:

bash
slmgr /ipk WX4NM-KYWYW-QJJR4-XV3QB-6VM33

Langkah 6: Aktivasi Windows Server 2012 R2 dengan KMS

Setelah Anda memasukkan Key Aktivasi KMS, Anda dapat mengaktivasi Windows Server 2012 R2 dengan KMS host. Ketikkan perintah berikut di Command Prompt Administrator dan tekan Enter:

bash
slmgr /ato

Perintah ini akan mengirim permintaan aktivasi ke KMS host dan mengaktifkan Windows Server 2012 R2 jika KMS host tersedia dan jumlah aktivasi minimum terpenuhi.

See also  Rahasia Cara Auto Follow Shopee agar Toko Selalu Ramai

Kesimpulan

Aktivasi Windows Server 2012 R2 sangat penting untuk memastikan keabsahan dan fungsionalitas penuh sistem operasi. Dengan menggunakan Key Management Service (KMS), Anda dapat mengaktivasi Windows Server 2012 R2 dengan mudah dan efisien. Dalam artikel ini, kita membahas langkah-langkah cara aktivasi Windows Server 2012 R2 menggunakan KMS. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah ini dengan cermat untuk mengaktivasi Windows Server 2012 R2 dengan sukses.

FAQ

Apa itu Key Management Service (KMS)?

Key Management Service (KMS) adalah layanan yang disediakan oleh Microsoft untuk mengelola aktivasi lisensi perangkat lunak dalam volume. KMS host berfungsi sebagai server aktivasi dan digunakan untuk mengaktivasi sistem operasi dan aplikasi yang berlisensi dalam jumlah besar.

Apa perbedaan antara KMS dan Multiple Activation Key (MAK)?

KMS dan MAK adalah dua metode aktivasi yang digunakan dalam lingkungan volume licensing. KMS menggunakan layanan server untuk mengaktivasi banyak perangkat sekaligus, sedangkan MAK menggunakan kunci aktivasi yang diinstal pada masing-masing perangkat secara individu.

Bagaimana cara memeriksa status aktivasi Windows Server 2012 R2?

Anda dapat memeriksa status aktivasi Windows Server 2012 R2 dengan menggunakan perintah “slmgr.vbs /dlv” di Command Prompt Administrator. Perintah ini akan menampilkan informasi rinci tentang status aktivasi, termasuk waktu aktivasi, jenis lisensi, dan banyak lagi.

Apakah saya perlu mengaktivasi ulang Windows Server 2012 R2 setelah jangka waktu tertentu?

Ya, aktivasi Windows Server 2012 R2 menggunakan KMS memiliki masa berlaku selama 180 hari. Setelah itu, Anda perlu memperbarui aktivasi dengan terhubung ke KMS host lagi. Proses ini dikenal sebagai “renewal” aktivasi.

Apakah saya dapat menggunakan KMS untuk mengaktivasi Windows client operating systems?

Ya, KMS dapat digunakan untuk mengaktivasi baik server maupun client operating systems. Namun, perhatikan bahwa beberapa edisi Windows client mungkin memiliki persyaratan jumlah minimum aktivasi yang berbeda dibandingkan dengan Windows Server.

See also  Cara aktivasi avg internet security 2019 ?

Leave a Comment